Selasa , Juli 23 2019
Home / DAERAH / Ketua KPU Sulbar Beri Penjelasan Soal Kesiapan Tahapan Pemilu 2019

Ketua KPU Sulbar Beri Penjelasan Soal Kesiapan Tahapan Pemilu 2019

Mamuju, BOOKNEWS.ID_Dalam acara Dialog Publik yang di gelar oleh Pengurus Ikatan jurnalis Sulawesi Barat (IJS), yang di laksnakan di Aula Makodim Pada Hari Sabtu, 9 Februari 2019, sekitar pukul 20.00.

dalam acara tersebut, ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat ‘Rustang’ mengatakan bahwa sikap independensi seorang Jurnalis itu sangat dibutuhkan dalam mengawal seluruh tahapan pemilu sampai pada yang terakhir. Sehingga seluruh informasi atau berita harus disampaikan dengan tidak terpengaruh oleh kepentingan siapapun.

“kita paham bahwa etika seorang Jurnalis harus independen, tidak melibatkan diri dalam konflik kepentingan. seberapa keras dan derasnya tekanan dari kiri kanan, maka seorang jurnalis harus terus memegang teguh sikap independensinya dalam pemberitaan kami sangat mengharapkan seluruh Jurnalis berperan aktif dalam mengawal pemilu yang akan datang dalam hal penyaluran informasi”,Pesan Rustang Kepada Jurnalis diacara Dialog

Rustang juga menyampaikan soal kinerja yang telah dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sulbar dan beberapa capaian serta beberapa persiapan yang telah atau akan dilaksanakan oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU secara menyeluruh.

“sekarang ini tahapan pencetakan surat suara yang secara umum dilaksanakan oleh KPU Pusat dan insyaallah untuk wilayah Sulbar diperkirakan bulan maret, untuk surat suara Provinsi Sulbar itu akan di cetak pada bulan maret. kemudian tahapan yang lain sedang berlangsung adalah tahapan kampanye, baik tatap muka maupun pertemuan terbatas, penyebaran bahan kampanye dan pemasangan alat peraga kampenye itu sudah berlangsung. sedangkan metode kampanya yang berupa rapat umum dan iklan baik media cetak maupun online itu waktunya hanya 21 hari dengan ketentuan batas 24 maret sampai 13 april 2019.

kalau ada partai politik atau ada peserta pemilu yang meminta untuk pemasangan iklan maka harus disampaikan bahwa iklan belum bisa dipasang sebelum sampai waktu yang telah ditetapkan oleh KPU karena jika melanggar, maka akan dikenakan sanksi.
kemudian kami KPU di tingkat Provinsi sudah memesan formulir karena sampul sudah dilakukan jadi logistiknya adalah sampul, formulir salinan dan daftar calon tetap. baik tingkat Provinsi Maupun kabupaten itu dilaksanakan oleh KPU Provinsi”, Penjelasan Rustang dalam Acara Dialoh Hari Pers Nasional,

untuk buku panduan, dilaksanakan oleh KPU kabupaten dan insyaallah bulan maret, dan saat ini telah berlangsung perakitan kotak suara yang ada di seluruh sulawesi Barat sudah ada yang selesai seperti, Mamuju, Polman, dan Majene dan 3 Kabupaten masih dalam Tahapan proses Perakitan yaitu Mateng, Pasangkayu, dan Mamasa. setelah semua selesai dirakit maka diperkirakan juga surat suara akan datang sehingga pengawalan dari kepolisian sangat kami harapkan nanti pada saat dijemputnya di percetakan sampai ke kabupaten tujuan dan termasuk pengawasan dari Bawaslu.

“saya sudah instruksikan kepada seluruh jajaran bahwa jangan ada yang melakukan tindakan terhadap Kotak suara ataupun datangnya surat suara, kalau tidak menginformasikan kepada Bawaslu dan pihak pengamanan dala hal ini Polri”. Pungkas Rustang. (irw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *