Sabtu , Agustus 24 2019
Home / DAERAH / Upacara Peringati Hari Peduli Sampah Nasinal, Kapolda Sulbar Sampaikan ini.

Upacara Peringati Hari Peduli Sampah Nasinal, Kapolda Sulbar Sampaikan ini.

Mamuju, BOOKNEWS.ID_ dalam Rangka peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat Bridjen Pol H. Baharuddin djafar Bersama Para personil menggelar Upacara bersama di tempat Penampungan sampah namun, sebelum melaksankan upara Kapolda Sulbar meneyempatkan diri bersama Personil melakukan Sholat asar berjamaan di Lokasi Upacara bertempat di UPTD TPA Desa Adi-Adi Kec. Simboro Kab. Mamuju Kamis, 21/01/2019.

dalam kegiatan upacara Peringatan Hari Sampah Nasinal tersebut dihadiri sekitar 300 peserta yang diantaranya Kepala Desa, dari Dians Kebersihan Kabuaten Mamuju, Babinsa Desa Botteng Induk (Sertu Anhar),Personil Lanal Mamuju, Personil Korem 142/Tatag,Personil Kodim 1418/Mamuju, Brimob, Personil Damkar Kab. Mamuju, Satpol PP, Personil Satpam, pelajar SMA dan SMP Serta Masayarakat yang ada di sekitar Penampungan Sampah.

Upaqcara Peringati Hari Sampah Nasional Yang dipimpin Langsung Oleh Komandan Upacara AKBP Ikbal dan Inspektur Upacara diambil alih langsung kapolda Sulbar Bridjen Pol H. Baharuddin Djafar berlangsung sekitar 10 15 Menit

Kpolda Dalam pembacaan Amanah upacara Peringati hari Sampah Nasional engatakan bahwa unruk menjaga kelestarian lingkunagn kita agar kita dapat hidup dengan nyaman  perlu secara bersama sama kita harus menjadi pelopor dan menjadi contoh kepada masyarakat kita

“salah satu cara melestarikan lingkungan adalah menjaga kebersihan dari sampah, menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil tetapi terkadang sangat sulit kita lakukan contohnya adalah membuang sampah tidak pada tempatnya”ucapnya

agar kita bisa menjaga kebersihan ingkungan kita, terlebih dahulu harus mengetahui defenisi kebersihan ligkungan itu. seperti kita tahu bersama kebersihan lingkungan adalah sebagian daripada iman kiata, kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali oleh manusia dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.

sebagaimana tercatat bahwa 12 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 21 februari  2005 longsoran TPA di Leuni Gajah Jawa Barat menelan ratusan korban meninggal dan dua kampung hilang dari peta. setelah itu, 21 februari diperingati sebagai hari Peduli Sampah Nasional dan indonesia targetkan indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.tetapi 21 februari hanya selalu dilewati hanya sekedar seremoni belaka tanpa dimaknai lebih dalam.

“pengelolaan sampah kita pada saat ini dinyatakan tidak mengalami perubahan signifikan, padahal target itu tinggal satu tahun lagi, kegelisahan inilah yang menggerakkan para relawan untuk menginisiasi gerakan indonesia bebas sampah 2020. pada tahun 2015, sebagai wadah seluruh komunitas ingkungan di indonesia khususnya yang bererak dan peduli dalam issu persampahan diinisiatif indonesia bebas sampah 2020 terbentuk dari semangat kerelawanan  dan kolaborasi  dari berbagai masyarakat yang eduli untuk wujudkan cita-cita Indonesia bebas sampah 2020 tanpa adanya kepantingan suku, agama,ras,golongan dan politik atau disingkat dengan (sarap)”.

kapolda menambahkan bahawa semangat ini terus berkembang pada tanggal 21 februari 2016 indonesia bebas sampah 2020 kita berhasil mengajak da mendata 1024 komunitas di 150 Kota Kabupaten tersebar dibeberapa titik kerja bakti seperti di Pantai, Sungai, Laut, gunung, kawasan wisata dan daerah perkotaan

“Mari kita perlihatkan kepada masyarakat bahwa Aparatur Pemerintah termasuk TNI dan Polri sanggup untuk menjadi contoh dan teladan bagi masyarakatnya dan mari kita lakukan aksinyata bersama bergerak dari diri sendiri”.

setelah membacakan amanat pada Upacara bersama, kapolda Sulbar memberikan Penghargaan kepada sejumla Relawan Sampah yang diantaranya Founder Of Tangan Edukasi Indonesia (Muh. rifai Sahida) partisipasi dalam edukasi kepada masyrakat tentang pengelolaan sampah, Founder Of Profesorres Art Production (Fatmawati Arisuddin)partisipasi dalam kegiatan daur ulang sampah plaastik, pengawai harian Lepas Yanman Polda Sulbar (M. Ridwan) peduli terhadap kebersihan dan kerapian di Lingkungan Polda Sulbar,

Operator TPA (Irwan) Peduli terhadap pengelolaan sampah Simboro Mamuju, Sopir (Rusmin) paling rajin dalam pengangkutan sampah menuju TPA Simboro Mamuju, Penyapu Jalan (Sanu)Pemungut dan pengumpul sampah yang paing rajin di Kab Mamuju.

setelah melaksanaknakan upacara, kapolda bersama seluruh jajaran bersama Porkopinda dan media Melakuka Pembacaan dan penandatanganan deklarasi Peringati hari Sampah nasional.

diketahui bahwa besok kapolda Sulbar akan menjawalkan apel bersama di Pasar Baru mamuju dan kemudian secara bersama-sama dengan seluruh personil akan melakukan permbersihan lingkungan pasar baru Mamuju. (Irw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *