Senin , September 23 2019
Home / ADVERTORIAL / Kepala Balitbang Provinsi Sulbar Harpkan Agar Anak yang Difabel Bisa Merasakan sekolah Reguler

Kepala Balitbang Provinsi Sulbar Harpkan Agar Anak yang Difabel Bisa Merasakan sekolah Reguler

Mamuju,BOOKNEWS.ID_Dalam rangka pemenuhan pendidikan Inklusi bagi Anak penyandang (difabel) dan hak mendapatkan kesetaraan penddikan di sekolah  reguler, Balitbang Provinsi Sulawesi Barat gelar diskusi bersama para kepala sekolah SMA dan SMK serta dekan Fakultas Keguruan Unsulbar, Ombutsman, seta Dewan Pendidikan Sulbar yang di gelar di Ruang Aula Balitbang, 02/05/2019.

Kepala Balitbang Sulbar, jamil Barambani Mengatakan Bahwa Poin inti dari pendidikan inklusi adalah anak yang difabel yang masuk skolah reguler, adalah anak yang tidak cacat sepenuhnya atau difabel penuh, sehingga dalam pendidikan itu tidak ada perbedaan atau tidak ada diskriminasi terhadap pelayanan pendidikan bagi anak yang difabel.

” bagai mana mereka bisa diterima di sekolah reguler tanpa ada diskriminasi karena kita mengacu pada undang-undang 1945 pasal 31:1 dan uu n0.23 thn 2003 pasal 5:3″.paparnya

lebih lanjut jamil Barambangi menjelaskan keada peserta diskusi bahwa tidak ada alasan sekolah reguler untuk tidak menerapkan sekolah inklusi.

manfaat dari pendidikan inklusi ini adalah; menghilangkan sikap diskriminatif, mengurangi anak putus sekolah, pemerataan pendidikan bagi semua anak usia sekolah, menumbuhkan dan mengembangkan rasa solidaritas, memupuk rasa kebersamaan sesama peserta didik tanpa melihat keterbatasan.

tujuan dari pendidikan inklusi ini adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua pesrta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental dan sosial atau memiliki kecerdasan dan bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas sesuai kemampuan dan kebutuhannya.

“guru diharapkan bisa melakukan interaksi dengan siswa bukan hanya dalam kelas sehingga dapat megetahui kebutuhan dan karakter seorang siswa.”(irw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *