Senin , September 23 2019
Home / ADVERTORIAL / BPOM Gelar Bimtek Lintas Sektor Pastikan Jajanan di Lingkungan Sekolah Aman

BPOM Gelar Bimtek Lintas Sektor Pastikan Jajanan di Lingkungan Sekolah Aman

Mamuju,BOOKNEWS.ID_Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dilingkungan sekolah, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mamuju gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di ruang pola lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, diikuti 186 orang terdiri dari perwakilan 84 sekolah yaitu SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA dan lintas sektor terkait.Selasa (6/8/2019).

Sumber daya manusia berkualitas di lingkungan sekolah dapat diwujudkan dengan menyediakan pangan yang akan dikonsumsi komunitas sekolah dalam kondisi aman, bermutu dan bergizi. Pangan yang dikonsumsi komunitas sekolah dapat berupa pangan jajanan yang tersedia di lingkungan sekolah maupun pangan jajanan yang berada di luar lingkungan sekolah; yang umunya dihasilkan oleh industri pangan, termasuk industri rumah tangga pangan (IRTP) dan pangan yang dihasilkan oleh jasa boga yang disebut pangan siap saji.

Kepala BPOM Mamuju, Dra. Netty Nurmuliawaty, Apt. M.Kes. mengatakan bahwa Program Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang aman, bermutu, dan bergizi merupakan salah satu program nasional pemerintah yang pelaksanaannya dilaporkan langsung ke Kantor Staf Kepresidenan serta dibina langsung oleh BPKP (Badan Pengawas Pemerintah dan Keuangan) Provinsi Sulawesi Barat.

“Aksi Nasional PJAS ini berupaya untuk meningkatkan PJAS yang aman, bermutu, dan bergizi melalui partisipasi aktif dan terpadu dari seluruh kementerian, lembaga pemerintah, dan lintas sektor di pusat maupun daerah serta pemberdayaan komunitas sekolah”.paparnya

Lebih Lanjut Ia mengungkapkan agar Program PJAS bersinergi dengan program GERMAS dalam menangani masalah kita bersama yaitu STUNTING, sehingga mampu menjadi faktor pendorong positif agar generasi penerus bangsa dapat terlindungi dari pangan jajanan yang tidak aman dan mampu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Sasaran dari kegiatan ini yaitu Terpaparnya komunitas sekolah dan lintas sektor mengenai keamanan pangan termasuk peran masing-masing pihak dalam menjaga keamanan pangan di sekolah.

Melalui kegiatan Bimtek Keamanan PJAS ini diharapkan dapat Meningkatnya pemahaman komunitas sekolah dan lintas sektor terhadap keamanan pangan serta Meningkatnya peran Aktif Instansi Pemerintah Daerah dalam Pengawasan Pangan sebagai upaya dalam menangani STUNTING”.pungkasnya.(ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *