Senin , September 23 2019
Home / DAERAH / Ketua BAN S/M Sulbar Harapkan Pemerintah Memperhatikan Mutu Pendidikan di Sulbar

Ketua BAN S/M Sulbar Harapkan Pemerintah Memperhatikan Mutu Pendidikan di Sulbar

Mamuju,BOOKNEWS.ID_Dalam rangka Sosialisasi tentang Perkembangan Data Akreditasi Sekolah, Badan Akreditasi Sekolah Madrasah Provinsi Sulawesi Barat (BAN S/M) Menggelar Konfrensi Pers bersama Sejumlah Awak Media Kaitan Validasi Hasil Visitasi Ferifikasi Hasil Validsi dan Penyusunan Rekomendasi Hasil Akreditasi S/M Tahap 1 (pertama)di Hotel Lestark Jl.Musa Karim. Rabu, (28/08/2019).

Tujuan utama Akreditasi adalah perbaikan Mutu Pendidikan dan menjadi rekomendasi kepada Pemerintah untuk lebih memPerhatikan Mutu Pendidikan yang ada didaerah masing-masing.
Sesuai dengan Penyampaian dari Anggota BAN S/M Pusat Dr. Sayuti M.Pd. Mengatakan bahwa tahun ini secara Nasional BAN S/M melakukan Akresitari 56.460 Sekolah seluruh Indonesia dan Sulbar Memdapatkan Kuot sebanyak 775 dan akan melakukan Permintaaan tambahan ke BAN S/M Pusat sebanyak 25 sekolah.
“Akreditasi ini adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk memperbaiki mutu Pendidikan seperti dari Nawacita Presiden RI”,Sebut Sayuti kepada Sejumlah Awak Media.
Lebih Lanjut Dr. Sayuti menyampaikan bahwa BAN S/M baik secara Nasional Ataupun Wilayah memiliki Prioritas Untuk kategori Visitasi dalam hal Akreditasi Apa lagi Tingkatan SMA dan SMK sederajat karena Alumninya yang akan Lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri tidak akan diterima kalau tidak memiliki sertifikat Akreditasi.
“Skala Prioritas BAN S/M adalah Sekolah yang belum pernah diakreditasi dan sekolah baru yang belum diakreditasi terutama SMA dan SMK sederajat karena akan lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri”,Pungkasnya
Ditempat yang sama Ketua BAN S/M H. Amran HB.,S.Ag., M.Pd. yang didampingi oleh Sekertaris BAN S/M Dr. Husain Mengatakan bahwa Tugas yang diemban oleh BAN S/M Pusat, Provinsi dan Asesor untuk menilai kelayakan sekolah, tujuannya adalah perbaikan mutu Pendidikan dan menjadi rekomendasi kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan mutu pendidikan yang ada didaerah masing-masing.
“Hasil dari Visitasi Asesor BAN S/M Akan dibuatkan rekomendasi kepada Pemerintah Dalam Hal ini Dinas terkait untuk lebih Memperhatikan Sekolah sudah mendapatkan rekomendasi.
“Kalau sekolah tidak terakreditasi,maka siswanya akan korban karena sekolah tidak bisa melakukan Ujian Berbasis Komputer (UNBK) dan haru menumpang di sekolah yang sudah terakreditasi”.Sebut Amran HB. kepada media
Lebih Lanjut H. Amran HB. Menjelaskan di Sulbar ada 77 SMK yang akan di akreditasi namun sampai saat ini hanya 15 sekolah yang mengisi aplikasi DIA atau yang memenuhi syarat untuk divisitasi.
sma yang menjadi sasaran 58 sma sedangakan sampaI saat ini 45 yang mengajukan akredktasi dan sudah divisitasi.
“Hasil yang dilakukan oleh Badan Akreditasi dari 525 sekolah hanya 23 yang mendapat akreditasi A dan kami berharap kepada Pemerintah untuk segera membenahi Sekolah yang sudah diakreditasi dan hasilnya sekolah tersebut harus ditinjau kembali karena Sarana yang dimiliki tdak layak”.Tegasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *