MENEBAR PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR DI PULAU KARANGPUANG

oleh -45 views
JURNIATI, S.Pd., M.Pd (Guru Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Mamuju)

Sulbar,Booknews.id_Sebagai sahabat rumah belajar terpilih tahun 2019 dari Provinsi Sulawesi Barat, saya diberikan tugas untuk menyosialisasikan penggunaan portal rumah belajar di sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Mamuju baik secara langsung dengan kunjungan maupun lewat media sosial yang saya miliki. Melalui postingan saya di fb akhirnya kepala sekolah MTS Ainun Syahab di pulau Karangpuang Mamuju menghubungi saya untuk bisa melakukan sosialisasi di sekolahnya.

Suatu berita yang sempat membuat saya maju mundur untuk melakukannya karena untuk mengiyakannya, karen untuk menuju ke sana hanya bisa ditempuh dengan perahu kecil dengan waktu tempuh 10 menit dari kota Mamuju. Terbayang ombak besar yang akan menghempaskan perahu, belum lagi fikiran kalau saya tidak mahir berenang lama…. dan lain-lain. Tetapi mengingat semangat pak kepala sekolah dan guru-guru nya mengundang saya, saya menepis semua fikiran buruk, dan tetap berangkat menuju ke pulau karangpuang tanggal 21 september 2019 kemarin.

Alhamdulillah disana saya disambut antusias oleh siswa-siswa yang berkumpul dalam aula sederhana. Mereka serius menyimak fitur demi fitur dalam portal rumah belajar yang saya tampilkan, sambil ssesekali ada pertanyaan yang mereka lontarkan jika ada yang belum difahami. Kepala  sekolah juga sangat mendukung dengan mendampingi siswa-siswanya dan menyediakan hotspot wifi agar siswanya bisa mengakses rumah belajar.

Baca Juga : PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL

Melihat suasana ini rasanya terbayar rasa khawatir saya untuk mengunjungi pulau ini dengan segala resikonya, bahkan lupa dan larut dengan keseriusan siswa mengeksplore fitur rumah belajar.Pengalaman ini memberikan masukan bagi saya bahwa memberikan informasi kepada sekolah yang belum maju jauh lebih bermanfaat ketimbang memberikan sosialisasi kepada sekolah yang sudah familiar dengan teknologi informasi seperti sekolah-sekolah yang ada di dalam kota Mamuju. Malah di salah satu SMA dan SMP yang saya coba kunjungi mendapatkan penolakan dari pimpinan mereka dengan kendala surat izin dari instansi terkait yang tidak saya bawa dan perlihatkan.

Selanjutnya saya menerima utusan dari SD Inpres Karangpuang yang letaknya tidak jauh dari MTS Ainun Syahab tersebut untuk bisa singgah di sekolah mereka juga melakukan sosialisasi. Dengan senang hati pun kukunjungi sekolah tesebut dan disambut dengan keramahan dari unsur pimpinan sekolah untuk kemudian mensosialisasikan ke guru-guru dan siswa siswi kelas IV, V dan VI. Sikap antusias yang sma juga ditunjukkan oleh guru dan siswa di SDN Inpres Karangpuang. Melalui tulisan ini saya berharap kepada kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menfokuskan pemberian dana BOS Afirmasi ke kedua sekolah ini yang sangat terbuka menerima kehadiran kami dan sangat berminat memanfaatkan portal rumah belajar namun peralatan pendukung tidak tersedia walaupun signal seluler sangat bagus.

Berdasarkan pengalaman ini selanjutnya sosialisasi offline saya fokuskan ke sekolah-sekolah luar kota yang terjangkau internet tetapi warga sekolahnya belum memanfaatkan teknologi informasi untuk belajar. Cara ini saya anggap lebih efektif menebarkan virus belajar berbasis digital secara lebih luasketimbang hanya sosialisasi di sekolah yang sudah familiar dengan internet yang berada di dalamkota Mamuju, wwalaupun tetap saya mengadakan kunjungan di beberapa sekolah area dalam kota. Yang menyedihkan adalah justru ada sekolah setingkat SMP dan SMA yang malah menolak kehadiran saya dengan berbagai alasan, tetapi bukan berarti saya surut melangkah, bahkan menjadikannya sebagai acuan untuk lebih maju lagi.

Demikian sekelumit kisah dibalik tugas sosialisasi portal rumah belajar yang saya lakukan, semoga dapat meluaskan pembelajaran berbasis digital di kabupaten Mamuju terutama dengan memanfaatkan fitur rumah belajar dengan gratis. “Belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapasaja.”  Akses link https://belajar.kemdikbud.go.id.(jurni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *