PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL

oleh -554 views
JURNIATI, S.Pd., M.Pd (Guru Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Mamuju)

BookNews-Sulbar_Hai Sahabat Rumah Belajar, Sebagai Sahabat Rumah Belajar Terpilih dari Kabupaten Mamuju, kewajiban saya adalah memberikan sosialisasi pemanfaatan portal Rumah Belajar untuk digunakan sebagai pembelajaran berbasis digital. Portal rumah belajar  merupakan situs pembelajaran online yang disediakan oleh PUSTEKKOM Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan secara gratis kepada semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD/sederajat, SMP/Sederajat, SMA-SMK/ sederajat. Portal rumah belajar menyediakan konten pembelajaran berupa audio, video, kelas online, buku sekolah elektronik, peta budaya, dan masih banyak lagi konten-konten penting lainnya. Berikut ini akan saya paparkan ffitur-fitur yang ada pada portal rumah belajar.

Sumber Belajar Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.  Sumber belajar berisikan video pembelajaran dari guru-guru yang sudah diverifikasi oleh admin rumah belajar dan dianggap layak untuk diunduh oleh guru maupun siswa.

Kelas Digital:Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja. Dengan membuka kelas digital seorang guru dapat mengatasi berbagai halangan jika tidak bisa masuk ke 3kelas tetapi siswa tetap bisa belajar’ berinteraksi dan m4engumpulkan tugas ke gurunya.

Bank Soal: Saat ini, fitur Bank Soal disediakan untuk memfasilitasi guru dalam pembuatan evaluasi pembelajaran. Soal yang ada di fitur ini merupakan hasil karya dari guru – guru yang telah terdaftar di Rumah Belajar.

Laboratorium Maya, Laboratorium Maya menyajikan kumpulan simulasi pembelajaran yang di sajikan secara interaltif dan menarik, Lab Maya didefinisikan sebagai ‘percobaan laboratorium tanpa laboratorium nyata dengan dinding dan pintu. Hal ini memungkinkan pelajar untuk menghubungkan antara aspek teoritis dan yang praktis, tanpa kertas dan pena. Hal ini secara elektronik diprogram dalam komputer untuk mensimulasikan percobaan nyata di dalam laboratorium nyata.

Buku sekolah elektronik ,Berisi berbagai macam buku teks pelajaran untuk berbagai jenjang pendidikan, buku teks peminatan untuk jenjang SMA/ sederajat, dan buku non teks pelajaran seperti kepribadian, pengetahuan, referensi, dan panduan pendidik. Semua format buku tersebut diunduh dalam bentuk PDF.

Modul digital, berisi modul-modul pembelajaran berbagai bidang keahlian terutama yang ada di SMK. Banyak sekali disediakan modul praktikum dari berbagai bidan keahlian dan kompetensi keahlian yang ada di SMK. Modul digital membantu memperkaya referensi pembelajaran praktikum dan pembuatan laporan hasil pekerjaan.

Peta budaya, Fitur ini berisikan kekayaan budaya yang ada di Indonesia yang disajikan dalam bentuk makalah. Di sini digambarkan kekayaan budaya seperti adat istiadat, tari-tarian dan kesenian lainnya, dari berbagai pulau dan provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Fitur ini menjadi bahan referensi bagi guru seni budaya untuk bisa mengunduh konten-konten yang dibutuhkan.

Wahana jelajah angkasa, fitur ini adalah fitur pavorit dari semua siswa di semua jenjang yang menyediakan tampilan galaxy, tata surya, dan berbagai bintang serta benda-benda angkasa luar yang disediakan dalam gambar 4 dimensi. Sangat menarikuntuk digunakan tanpa harus jauh-jauh ke teleskop di Boscha untuk mengamati bintang atau tata surya lainnya.

Pengenbangan keprofesian berkelanjutan, Mau menjadi sahabat rumah belajar seperti kami? Di fitur ini disediakan informasi waktu, tata cara, dan akun untuk mengikuti lomba dan pelatihanyang diadakan oleh Pustekkom seperti Pembatik level 1-IV,  dan beberapa pelatihan lainnya untuk menunjang pengembangan profesi guru.

Selain fitur utama di atas, portal rumah belajar juga menyediakan ftur pendukung yaitu

Karya guru: berisi karya guru berupa media pembelajaran interaktif dalam bentuk video, power point, dan format lain mulai jenjang SD sampai SMK. Bapak ibu serta siswa dapat mengunduh karya yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Karya komunitas, Karya komunitas berisi bahan ajar berbasis multimedia yang dikembangkan oleh komunitas guru mata pelajaran. Disini juga disediakan karya komunitas dari berbagai jenjang pendidikan mulai SD sampai SMK.

Karya bahasa dan sastra, berisi kumpulan karya sastra seperti puisi, prosa, dan kamus yang dapat dibaca dan diunduh secara online. Sangat membantu untuk guru-guru yang mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia.

Demikian tadi fitur-fitur yang disediakan portal rumah belajar yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran berbasis online dengan tidak dipungut biaya alias  gratis. Untuk lebih jelasnya dapat dikunjungi situs https://belajar.kemdikbud.go.id. Daftar dan login untuk menjelajahi dan menggunkan fitur-fitur tersebut.

BELAJAR DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, DENGAN SIAPA SAJA.

Salam “RUMAH BELAJAR”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *